Ulasan 2- Short Job First

Pada ulasan video kali ini pembahasan yang dibahas adalah Short Job First, video ini diunggah oleh Gate Lectures by Ravindrababu Ravula dengan judul SJF dan memiliki durasi 7 menit 44 detik dan diunggah pada tanggal20 November 2014 sudah ditonton sebanyak 183.238 kali. Video dapat diakses pada alamat https://www.youtube.com/watch?v=xh8hRjtbu3k

SJF (short job first) yaitu proses yang akan dijalankan memiliki/ mempunyai burst time yang paling kecil maka yang akan dikejakan terlebih dahulu. Terdapat dua mode scheduling yaitu preemtive dan non preemtive, preemtive yaitu kemampuan OS untuk menghentikan proses/ scheduled task untuk priority task terlebih dahulu, pada case ini yang akan diulas atau dipelajari adalah metode non preemtive yang berarti ketika kita sudah memilih job/ proses maka proses/ job tersebut maka akan dijalankan dan tidak akan bisa dihentika sebelum proses tersebut selesai.

Video ini menjelaskan cara untuk megetahui available process untuk scheduling menggunakan SJF method dan urutan dalam menjalankan proses sesuai dengan metode yang digunakan, yaitu dengan memilih first arrival time terlebih dahulu yang kemudian akan diteruskan dengan memilih burst time paling rendah pada proses yang berlangsung, begitu pula dengan selanjutnya sampai proses terselesaikan. Selanjutnya setellah proses available ditemukan akan dihitung pula turnaround time yang dihitung beradsarkan completion time dikurangan dengan arrival time.setelah kita mendapatkan turnaround time kita dapat mengetahu waiting time dengan mengurangkankan turnaround time dengan burst time.

Menurut saya video ini sangat membantu untuk memaham SJF dan sangat membantu dalam proses perkuliahan. Penjelasan sangat ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami dengan menggunakan contoh yang ada..

Github account : shintakusuma
URL ulasan : http://letslearnos.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-short-job-first.html
URL Video : https://www.youtube.com/watch?v=xh8hRjtbu3k
Video Author : Gate Lectures by Ravindrababu Ravula
Pemetaan : Week08
Revisi Pertama : 14 Mei 2017
Revisi Kedua: 14 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 1 - Introducing to OS

SISTEM OPERASI RANGKING WEEK 10